Coral Disease Training

 

1

Fisheries Diving Club, Institut Pertnaian Bogor (FDC-IPB) menyelenggarakan “Coral Disease Training” Sabtu (27/10) di Ruang Serba Guna, Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (Dept. ITK FPIK IPB).

 Setelah menyelenggarakan “Coral Finder Training”, kini Fisheries Diving Club, Institut Pertanian Bogor (FDC-IPB) menyelenggarakan “Coral Disease Training”, pada hari Sabtu, 27 Oktober 2018 di Ruang Serba Guna, Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (Dept. ITK FPIK IPB).

Kegiatan ini dihadiri 19 peserta. Kegiatan ini kembali mengundang Beginer Subhan, S.Pi, M.Si yang merupakan Marine Ecology dari IPB di bidang kelautan dan Rizya Ardiwijaya dari The Nature Conservancy (TNC) sebagai pemateri. Siti Khodijah, selaku Ketua Pelaksana “Coral Disease Training” yang merupakan mahasiswa S1 FPIK-IPB mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan ini diikuti dari berbagai kalangan diantaranya Yayasan Terumbu Rupa, Scuba School International (SSI), masyarakat umum, mahasiswa, dan dosen dari Institut Pertanian Bogor maupun perguruan tinggi lainnya.

3Pelatihan Coral Disease ini mengajarkan peserta bagaimana cara mengidentifikasi penyakit karang dan juga membahas tentang kesehatan karang. Peserta diajarkan mengidentifikasi penyakit karang menggunakan buku Indo-Pacific Underwater ID Cards. Di buku ini membahas kesehatan terumbu karang, ciri-ciri penyakit karang, penyebab penyakit karang itu sendiri, dan lainnya. Buku ini mempermudah penyelam untuk mengidentifikasi penyakit karang ketika sedang menyelam. Buku ini sangat direkomendasikan untuk pemula karena penjelasannya yang ringkas dan jelas sehingga mudah digunakan ketika mengidentifikasi langsung di lapang.

“Indonesia merupakan daerah dengan keanekaragaman karang terbesar di dunia, sehingga Indonesia merupakan daerah yang sangat tepat untuk belajar tentang penyakit karang, sehingga pelatihan ini sangat penting untuk melakukan eksplorasi bahari terumbu karang terkait penyakit karang serta mempertajam wawasan para scientist di Indonesia” Papar Beginer Subhan selaku Trainer dalam pelatihan ini.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk diaplikasikan dilapangan nanti, Luar Biasa!” Ungkap Gilang Peserta Pelatihan Coral Disease dari Bandung yang juga merupakan Coral Warrior di Pulau Sepa

 

Text by: Silki

Edited by: Farida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *