Monitoring Ekosistem Terumbu Karang di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu dalam CORALATION VII

1539740023340

Fisheries Diving Club, Institut Pertanian Bogor (FDC-IPB) kembali menyelenggarakan “CORALATION VII” di Pulau Pramuka dan sekitarnya.

Fisheries Diving Club, Institut Pertanian Bogor (FDC-IPB) telah menyelenggarakan “CORALATION VII” atau Coral Reef Ecosystem Monitoring Simulation ke-7 pada tanggal 6 Oktober – 12 Oktober 2018 di Pulau Pramuka dan sekitarnya. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari 18 orang mentor dan 12 orang anggota muda atau biasa disebut “Diklat” FDC angkatan Ke-36.1539739267342

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang dilakukan oleh FDC-IPB yang termasuk dalam rangkaian dari pendidikan dan latihan untuk diklat FDC. Kegiatan tersebut salah satunya berupa pengambilan data ekologi terumbu karang, ikan terumbu dan makrobentos. Selain itu kegiatan ini juga melakukan pengambilan data kualitas perairan dan sosial ekonomi masyarakat sekitar. Kegiatan ini bertujuan dalam upaya pelestarian ekosistem terumbu karang di Pulau Pramuka dan sekitarnya.

Pengambilan data ekologi dilakukan dengan membentangkan roll meter sepanjang 75 meter di kedalaman 3 m dan 10 m dengan daerah pengambilan data sepanjang 20 m sebanyak 3 kali pengulangan dan jeda sepanjang 5 m di tiap pengulangannya. Pengambilan data dilakukan oleh 3 orang dengan spesialisasi yang berbeda (Ikan terumbu, terumbu karang dan makrobentos). Metode pengambilan data yang digunakan untuk pengambilan data terumbu karang menggunakan LIT (Line Intercept Transect), pengambilan data ikan terumbu menggunakan Underwater Visual Census dan Belt Transect dan pengambilan data makrobentos menggunakan metode Belt Transect.

1539739057332

Selain pengambilan data ekologi, dilakukan juga pengambilan data kualitas perairan dan sosial ekonomi. Data yang diambil untuk kualitas perairan berupa kecerahan, DO (dissolved oxygen), kecepatan arus, pH, salinitas dan suhu. Pengambilan data sosial ekonomi mengusung tema pengaruh pariwisata terhadap kehidupan masyarakat di pulau pramuka. Pengambilan data dilakukan dengan cara mewawancarai wisatawan, masyarakat lokal dan instansi yang ada di Pulau Pramuka.

 

 

 

——————————————————————————DIKLAT 36——————————————————————–

1539614373774

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *