Menambah wawasan dengan mengikuti Pelatihan metode survey ikan

Bogor – (10/5/2018) Fisheries Diving Club IPB telah melaksanakan sebuah kegiatan workshop. Kegiatan bernama “Fish Survey Method IMG-20180510-WA0004Workshop” ini dilaksanakan di Ruang Serba Guna Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan yang bertempat di FPIK IPB. Kegiatan ini bertujuan untuk meng-upgrade pengetahuan mengenai metode survei ikan, baik untuk anggota FDC-IPB maupun untuk umum.
Ikan merupakan organisme yang memiliki pengaruh yang besar terhadap ekosistem sekitarnya. Hal tersebut menjadikan ikan sebagai faktor yang penting untuk didata dan dianalisis dalam menilai kondisi ekologi suatu perairan. Untuk menjadi seorang pengambil data atau surveyor ikan, kita tentu membutuhkan kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni. Selain harus hafal bermacam-macam spesies ikan, kita juga perlu memahami mengenai metode survei yang baik dan tepat.
Kegiatan ini diisi dengan kuliah yang diberikan oleh pemateri Bapak Hawis Madduppa (Dosen sekaligus Pembina FDC-IPB). Selain itu, workshop ini juga dilengkapi dengan diadakannya tes estimasi ukuran panjang ikan yang dipandu oleh pemateri.

Pemaparan materi cukup luas, dari mulai pengenalan metode survei hingga fakta-fakta unik mIMG-20180510-WA0009engenai spesies ikan tertentu pun tak luput untuk disampaikan. Namun, hal tersebut tak lantas membuat peserta menjadi jenuh. Pembawaan pemateri yang santai dan interaktif efektif untuk membuat suasana menjadi cair dan menyenangkan.
“Workshop ini merupakan pengantar atau awalan untuk menjadi seorang surveyor ikan, selanjutnya Anda sendiri yang menentukan. Jangan sampai hanya menjadi seorang kuli pengambil data, tapi juga harus bisa menganalisis, membuat laporan dan membuat penelitian dari data ang Anda ambil,” ujar Bapak Hawis Madduppa sebagai penutup kegiatan workshop kemarin.

Text :Iqbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *