Seminar Hasil XPDC ZOOXANTHELLAE XIV

IMG_0073

Bogor-Sabtu pagi (24/03/2018) klub selam ilmiah mahasiswa tertua FDC-IPB kembali melaksanakan seminar dan launching laporan Ekspedisi Zooxanthellae ke XIV setelah melalui perjalanan panjang , megeksplorasi Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) pada oktober 2017 lalu. Kegiatan seminar dan launching ini dilaksanakan bersamaan dengan Talkshow bertemakan “Membuka Pintu Gerbang Taman Laut Ujung Kulon”.

Pak Syamsudin (Narasumber-Balai TNUK)  mengatakan bahwa “Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) merupakan taman nasional tertua di Indonesia yang sudah diresmikan sebagai salah satu warisan dunia. Merupakan daerah yang terkenal oleh badak bercula satu Rhinoceros sondaicus dan berbagai hewan endemik ujung kulon lainnya” .

TNUK terletak dibagian paling barat Pulau Jawa. Karakteristik perairan yang berhadapan langsung dengan samudra hindia dan masih sedikitnya informasi mengenai kondisi ekosistem terumbu karang di TNUK yang melandasi FDC-IPB melaksanakan Ekspedisi Zooxanthellae yang ke XIV di TNUK.

Mba Nani (Narasumber – Dosen dan pembina FDC-IPB) mengatakan bahwa “Potensi laut TNUK masih belum banyak yang mengeksplorasi, karakteristik air yang unik karena berhadapan langsung dengan samudra hindia dan masih sedikitnya informasi di TNUK sehingga tidak ada salahnya perlu diadakannya lagi ekspedisi di TNUK dan dilakukannya monitoring oleh FDC-IPB”

Bang Gober (Narasumber-Dive Master) juga mengungkapkan bahwa “Taman nasional ujung kulon merupakan daerah yang indah namun susah sekali menjual daerah ini karena sulitnya akses ke TNUK dan mahalnya transportasi serta biaya ke TNUK, TNUK banyak diburu oleh pariwisata karena arus yang besar dan cocok bagi penyuka surfing” .

Turunnya hujan tidak menyurutkan antusiasme tamu yang hadir sepeti saat sesi tanya jawab. Tamu yang hadir dari berbagai kalangan seperti Dosen, Kepala sekolah alam, Guru sekolah alam, Mahasiswa, dan Organisasi Mahasiswa IPB mengaku sangat menikmati acara yang diadakan setiap 2 tahun sekali ini. Text : Nadya Jeny

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *