Coral Disease Monitoring Workshop oleh Beginner Subhan S.Pi M.Si

     Terumbu karang dan fungsinya merupakan suatu anugrah yang diciptakan oleh Tuhan di dunia ini, salah satunya Indonesia. Keberadaannya dijadikan sebagai tempat tinggal dan sumber makanan para biota asosiasi seperti ikan karang, molusca dan benthos lainnya, bukan hanya itu saja ekosistem terumbu karang juga memiliki peranan penting bagi manusia seperti sebagai wisata bawah air dan pendidikan. Fisheries Diving Club Institut Pertanian Bogor (FDC-IPB) yang merupakan organisasi selam di bawah naungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor memiliki basis salah satunya basis keilmuwan. Hal tersebut salah satu pendorong workshop ini diadakan. Seain itu, hal utama pendorongnya ialah karena kurangnya kesadaran atau kepekaan manusia terhadap gangguan kesehatan yang dialami oleh terumbu karang. Bukan hanya itu saja, pengetahuan masyarakat biasa mengenai gangguan kesehatan terhadap terumbu karang ini juga masih sangat kurang.

 18000

Minggu, 6 Agustus 2017 telah dilaksanakan Coral Disease Monitoring Workshop yang ditujukan guna menambah wawasan tentang gangguan kesehatan terumbu karang. Foto-foto gangguan kesehatan karang hasil penelitian yang dilakukan pemateri ditampilkan dan dijadikan bahan untuk kuis di awal workhsop. Gangguan kesehatan karang secara garis besar dibagi mejadi dua yaitu predasi dan non-predasi. Contoh predasi yang mengganggu kesehatan karang ialah paper fish, COT (Crown of Thron), Drupella. Sedangkan contoh yang termasuk dalam non-predasi ialah sedimentasi dan penyakit seperti Bleaching. Selain meteri dari slide, beliau juga mempraktikan langsung metode pengambilan data gangguan kesehatan karang. Disamping itu, Peserta terlihat excited dengan ikut berdiri ke tempat pemateri menjelasakan metode. “Dengan datang ke workshop ini saya merasa bertambah wawasan mengenai gangguan kesehatan terumbu karang” ujar Azilzal, Mahasiswa dari SIGMA Universitas Indonesia yang merupakan salah satu peserta workshop.

18001 18002

    Workshop ini merupakan suatu langkah awal untuk membangkitkan kesadaran kepada para peserta mengenai gangguan kesehatan karang serta memberikan  motivasi untuk ikut terjun langsung memonitoring gangguan kesehatan karang. “Workshop seperti ini sebenarnya sudah banyak sekali dilakukan, hanya saja jarang sekali yang mengaplikasikannya” Ujar pengisi materi workhsop ini, pak Begin (Marine Ecologist Specialist). Berawal dari pernyataan beliau tersebut, beberapa peserta mungkin banyak yang tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai gangguan kesehatan karang serta menjadikan hal tersebut sebagai bahan penelitian.

Text : Siti Khodijah

Waspada Dira Anuraga
_________________________________
Fisheries Diving Club
Youtube : FDC-IPB
Web : http:/fdc.lk.ipb.ac.id
twitter : fdc_ipb
facebook : FISHERIES DIVING CLUB(FDC-FP)
ig: fdc_ipb
line : @iqf0797i
email : fdc_ipb@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *