Pelatihan DRONE

S__5996594Drone merupakan suatu kendaraan udara yang berbentuk seperti pesawat terbang atau helikopter yang dioperasikan tanpa menggunakan awak atau pilot. Pada awalnya drone dibuat hanya untuk penggunaan militer saja, namun semakin berkembangnya jaman menyebabkan drone telah dimodifikasi dengan fitur-fitur tambahan.  Beberapa tahun belakangan ini penggunaan drone menjadi semakin populer. Beberapa orang menganggap penggunaan drone hanya sebatas aerial photo dan videography saja tetapi ditangan seorang marine scientiest, drone dapat digunakan untuk monitoring habitat mamalia laut, pemantauan kondisi ekosistem pesisir, sampai membuat pemetaan lokasi, serta banyak penggunaan lainnya.

S__5996593Pada hari Minggu, 11 Juni 2017 Fisheries Diving Club-IPB mengadakan pelatihan drone. Pelatihan drone ini diadakan tidak hanya sekedar mengikuti trend masa kini tetapi juga untuk melatih kemampuan scientific para penyelam. Pembekalan materi pelatihan drone yang disampaikan oleh Prakas Santoso ini berlokasi di sekretariat 2 FDC-IPB dilanjutkan dengan aplikasi langsung di lapangan gymnasium IPB. Dalam pelatihan drone ini peserta dilatih bagaimana caranya menerbangkan drone dengan mengikuti prosedur yang baik dimulai dari kebiasaan membaca buku prosedur, perakitan drone, penggunaan hingga perawatan drone. Menentukan lokasi yang baik untuk memulai menerbangkan drone tidak kalah penting, karena rintangan seperti angin yang membuat drone tidak dapat terbang sempurna serta banyaknya bangunan yang dapat menghambat sinyal wifi dari drone ke remote pilot drone. Penerbangan drone dalam wilayah tertentu seperti dekat dengan Istana Kepresidenan maupun bandara pesawat dilarang dan diatur dalam undang-undang, maka dibutuhkan perizinan untuk menerbangkan drone pada wilayah yang tingkat privasinya tinggi.

Meskipun menerbangkan drone cukup membuat jantung berdebar tetapi para peserta sangat antusias dan bersemangat dalam menjadi pilot drone di kegiatan ini. Tetap tenang dalam berbagai kondisi, hal inilah yang disampaikan oleh bang coro pelatih drone di kegiatan ini. Aplikasi di bidang keilmuan yang berguna bagi banyak orang merupakan harapan besar yang dibuat dalam pelatihan drone kali ini. “Jangan takut untuk mencoba mengendarai drone, semakin jarang kita menerbangkan drone maka semakin turun kemampuan kita” – Prakas Santoso.

Teks : Farida Rizki        |      Editor : Firsta Kusuma Yudha       |       Dokumentasi FDC – IPB

Waspada Dira Anuraga
_________________________________
Fisheries Diving Club
Youtube : FDC-IPB
Web : http:/fdc.lk.ipb.ac.id
twitter : fdc_ipb
facebook : FISHERIES DIVING CLUB(FDC-FP)
ig: fdc_ipb
line : @iqf0797i
email : fdc_ipb@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *