Pelatihan Menulis Populer – Tempo Goes to Campus

Gambar 1Sebagai salah satu wadah mahasiswa untuk menimba ilmu dan berorganisasi, Fisheries Diving Club beberapa waktu lalu telah melaksanakan Pelatihan Menulis Populer. Tepatnya pada tanggal 3 Juni 2017 FDC IPB bekerja sama dengan Tempo Institute mengadakan kegiatan Tempo Goes To Campus IPB. Kegiatan ini memfasilitasi peserta untuk mengetahui penulisan populer yang baik dan menarik terutama dalam menulis hasil laporan praktikum/fieldtrip dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Pelatihan Menulis Populer ini dilaksanakan di Ruang Serba Guna Departemen Ilmu Teknologi Kelautan FPIK IPB.

Gambar 2Menulis merupakan salah satu kegiatan menuangkan pikiran, gagasan, dan perasaan seseorang yang diungkapkan dalam bahasa tulis. Menulis sesuatu yang ilmiah memiliki cara dan teknik tersendiri, begitupun dengan menulis populer. Menulis populer merupakan penulisan sesuatu yang ilmiah namun dengan bahasa dan gaya penulisan yang lebih sederhana. Penulis populer dituntut untuk mampu berpikir sederhana dan berempati ke pembaca. Hasil riset menyatakan bahwa dalam dunia jurnalistik terdapat 80% jurnalisme yang baik, yaitu yang menuliskan fakta, memiliki akurasi dan aktualisasi dalam tulisannya, dan kritis dalam mengkaji permasalahan dalam tulisannya. Namun hanya 20% dari itu yang beajar mengkomunikasikan sains dalam penjelasan yang sederhana. Sehingga sangaat perlu diadakannya pelatihan terkait menulis untuk kemajuan dalam dunia jurnalistik. Tempo Goes to Campus merupakan suatu kegiatan yang mampu menyampaikan permasalahan dan solusi dalam dunia jurnalistik kepada civitas kampus.

Pelatihan menulis populer yang difasilitasi oleh Tempo Institute ini diikuti oleh beberapa institusi diantaranya mahasiswa FPIK, Lawalata IPB, konsultan swasta, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan himpunan profesi di IPB. Pelatihan ini mengajarkan dan membuka pandangan peserta tentang penulisan laporan ilmiah populer. Peserta diajarkan bagaimana langkah-langkah dalam melaporkan sains, memilih angle tulisan dalam menentukan topik, hingga tips agar tulisan menarik. “Penulisan ilmiah populer bukan sekedar urusan teknis, tetapi juga cerita yang menarik” ujar Mas Gabriel Wahyu Tititoga (Pemateri pelatihan).

Gambar 3

Teks: Firsta Kusuma Yudha  |  Dokumentasi: FDC IPB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *