Pelatihan Software PRIMER-E

Data menjadi sebuah hal yang penting dan berguna jika diIMG-20170423-WA0001sajikan sebagai informasi yang dapat dimengerti. Data dapat dijadikan sebagi sesuatu yang infromatif sebelumnya sudah diolah dan dianalisis terlebih dahulu, karena itu kemampuan mengolah dan menganilisi data merupakan hal yang sangat penting. Selain itu,  kemampuan ini seharusnya dimiliki oleh seorang scientific diver. Hal tersebut yang melatarbelakangi Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) FDC mengadakan sebuah pelatihan analisis data dari software PRIMER-E-E. Pelatihan ini telah berlangsung pada tanggal 22 April 2017 yang bertempat di sekret 2 FDC IPB. Instruktur pada pelatihan ini ialah bang Irfan Yulianto (Wildlife Conservation Society) yang juga merupakan anggota luar biasa FDC dari diklat 14.

Pelatihan software PRIMER-E merupakan sebuah pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengurus sekaligus mentor aktif FDC dalam bidang keilmiahan yaitu mengolah dan menganalisis suatu data dengan menggunakan software PRIMER-E-E. Software ini merupakan salah satu software untuk mengolah data yang memiliki kemampuan untuk “pre-treatment” atau memanipulasi sebuah kumpulan data yang relatif besar. Materi pokok analisis data dengan software PRIMER-E ini ialah analisis SIMPER, CLUSTER, MDS dan ANOSIM. Keempat analisis tersebut saling berhubungan dari mulai mereduksi sebuah data, memanipulasi data, menampilkan data dalam sebuah endogram, hingga dapat mengetahui hubungan signifikan atau tidaknya parameter yang ada.

DSC_0001Anggota yang mengikuti pelatihan ini cukup antusias, hal tersebut ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada bang Irfan. Dalam pelatihan ini bang irfan pun sempat menyampaikan bahwa suatu data dianggap benar jika memiliki nilai eror yang kecil. Pernyataan tersebut cukup ampuh dan menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. Pelatihan ini ditutup dengan foto bersama anggota dengan instruktur, bang Irfan. Luaran atau output dari pelatihan ini ialah berupa sebuah interpretasi data yang telah diolah dan dianalisis mengunakan software PRIMER-E. Selain itu, besar harapan penyelenggara pelatihan ini ialah meningkatkan semangat anggota FDC untuk belajar menyajikan data sebagi seuatu yang informatif dan berguna bagi banyak orang.

WASPADA DIRA ANURAGA

Text by : Siti Khodijah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *