Gili Shark Conservation Internship Program

Hiu karang merupakan salah satu predator dalam ekosistem nya. Biota ini membantu menyeimbangkan dan menjaga kesehatan biota dalam ekosistem tersebut dengan cara memakan ikan yang lemah/ sakit. Namun, keberadaan hiu karang kini semakin berkurang dengan maraknya dilakukan penangkapan hiu terutama untuk memanfaatkan sirip nya.

Bulan Februari kemarin, Kevina (FDC 33) mengikuti program internship di Gili Shark Conservation Project di Gili Air, Lombok Utara selama dua minggu. Gili Shark Conservation Project merupakan organisasi yang di bentuk oleh Rose Huizenga (director/project manager) yang bergerak di bidang konservasi laut, terutama hiu karang. Project ini terdiri dari pengamatan yang dilakukan di beberapa titik di sekitar Pulau tiga Gili yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Pengamatan dilakukan terhadap hiu karang menggunakan metode BRUV (Baited Remote Underwater Video) yaitu dengan meletakkan alat yg sudah dilengkapi kamera dan umpan ikan, di titik pengamatan, pada kedalaman 6-10 m. Pengamatan hiu karang dengan metode ini di dukung dengan survey dive dengan melakukan pendataan ikan benthopelagic dan ikan elasmobranchii.

gili shark

Selain hiu karang, pengamatan juga dilakukan untuk penyu yang ditemukan saat penyelaman. Pendataan penyu ini sendiri dibuat database nya dengan mengenali fingerprint penyu tersebut (pola di sisi wajah nya) menggunakan software I3S. Penyelaman dan pengamatan BRUV dilakukan setiap hari nya, 5 hari dalam seminggu. Input data dilakukan tiap sore hari setelah selesai penyelaman.

Tidak hanya itu, Projek ini turut melibatkan semua dive center di sekitar Pulau Gili Air dengan meng edukasi para dive instructor cara mendata hiu karang, agar mereka bisa membantu dalam pendataan hiu karang di sekitar Tiga Gili. Gili Shark Conservation Project berafiliasi dengan Shark Base International dan Gili Eco Trust. Projek ini sendiri bertujuan untuk mempromosikan dibentuknya Gili Matra Marine Park, serta pengelolaan kawasan konservasi laut dan MPA (Marine Protected Area) yang lebih baik kedepannya.

Dengan mengikuti program ini, saya banyak mendapat pengalaman baru. Saya belajar metode pengambilan data hiu karang, pengetahuan- pengetahuan baru tentang hiu, serta pengalaman menyelam yang sangat menantang dan menyenangkan.

By: Kevina Rizkikamila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *