CORALATION V

pengambilan-data-2

Pengamatan kondisi terumbu karang di perairan Pulau Pramuka

CORALATION V (Coral Reef Ecosystem Monitoring Simulation V) merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Fisheries Diving Club IPB. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skill penyelaman dan pengambilan data ekosistem terumbu karang, terdiri dari ikan terumbu, terumbu karang, dan makrobentos, serta kualitas perairan data pendukung seperti sosial ekonomi masyarakat setempat. CORALATION V diadakan sebagai kegiatan yang dilakukan sebagai ajang kenaikan jenjang bagi peserta diklat 34. Tahun ini kegiatan CORALATION dilaksanakan pada tanggal 28 November 2016 – 4 Desember 2016  di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta dengan tema “Potensi Perikanan di Kawasan Ekosistem Terumbu Karang Pulau Pramuka dan Sekitarnya”.

night-dive

Penyealaman malam (deep dive) yang merupakan salah satu materi Advanced Dive

Selama kegiatan CORALATION V dilaksanakan 13 kali penyelaman pengambilan data dan 2 penyelaman Advanced Diver seperti (deep dive) dan penyelaman malam (night dive). Lokasi penyelaman diantaranya di Dermaga 1 Pulau Pramuka, Dermaga 2 Pulau Pramuka, Utara Pulau Pramuka, Selatan Pulau Pramuka, Barat Daya Pulau Panggang, Selatan Pulau Panggang, dan Pulau Sekati. Kondisi terumbu karang di lokasi penyelaman secara umum mulai mengalami kerusakan, seperti adanya patahan karang (rubble) dan mulai ditumbuhi alga, dengan kondisi ikan terumbudan makrobentos yang beragam .

Selain melakukan pemantauan kondisi ekosistem terumbu karang, melalui kegiatan CORALATION V dilaksanakan pengambilan data sosial ekonomi masyarakat pesisir. Kegiatan ini dilakukan di Pulau Panggang dan diadakan pelatihan transplantasi terumbu karang yang terdiri dari pemaparan materi oleh pihak Taman Nasional Kepulauan Seribu dan dilanjutkan dengan praktik langsung di Dermaga 2 Pulau Pramuka.

 

 

Text : Diklat 34 | Dok : FDC-IPB | Editor : Tri Nur Sujatmiko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *