browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Pelatihan Penilaian Kondisi Terumbu Karang Bidang Ikan Terumbu

Posted by on November 4, 2016

Kegiatan pelatihan kondisi terumbu karang bidang ikan terumbu masih berlanjut. Kegiatan yang dilaksanakan selama 7 hari mulai dari tanggal 23 – 29 Oktober 2016, di Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2O LIPI) dan UPT Loka Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Oseanografi Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Peserta pada kegiatan ini berasal dari berbagai instansi, seperti ADB, WB, UMRAH, UNDIP, UNHAS, UNSRAT, UI, IPB, STP, LSM, dan Taman Nasional. Setelah mengikuti kuliah umun dari Prof. Dr. Suharsono, selanjutnya Aflaha A. Munib dan Praditio Anggoro (Diklat 31) dan 30 peserta lainnya siap melanjutkan rangkaian pelatihan monitoring kesehatan terumbu karang bidang ikan terumbu di Pulau Pari untuk mendata ikan indikator, yaitu famili Chaetodontidae.   

Pelatihan ini merupakan pelatihan dalam rangka mengemban misi COREMAP-CTI Fase III yaitu Penguatan Kelembagaan. LIPI bekerjasama dengan beberapa universitas yang ada di Indonesia bersama melakukan kegiatan pelatihan pemantauan kondisi ikan terumbu. Dengan dilakukannya kerjasama ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga penilai kondisi ikan terumbu yang berkompeten, terutama di daerah lokasi COREMAP-CTI.

tangkapan-layar-2016-11-04-18-53-55

Simulasi darat metode UVC untuk meningkatkan pemahaman peserta dalam mengaplikasikan kegiatan di lapang

Seluruh peserta diajarkan dan diberi pembekalan terkait metodologi penilaian kondisi ikan terumbu, pemahaman tentang penilaian ikan terumbu, penyamaan persepsi dalam identifikasi bidang ikan terumbu tingkat madya atau famili Chaetodontidae. Selain itu dilaksanakan simulasi darat mengenai metode UVC (Underwater Visual Census), pengolahan data, tata cara penulisan laporan yang baik, dan persentaasi laporan secara sistematik dan ilmiah. Total rangkaian pelatihan terdiri dari 10 jam mata latih (materi utama), 26 jam praktik metode UVC, 8 jam pengolahan dan analisis data, serta 11 jam penyusunan laporan dan persentasi.

Selain mendapatkan ilmu mengenai survey ikan terumbu, peserta juga mendapat pengalaman bertemu teman-teman baru dari seluruh Indonesia. Secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. “Terima kasih kepada para pengajar, instruktur dan pantia pihak LIPI. Semoga ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan kedepannya dan semoga silaturahmi yang ada tetap terjalin”, ujar Pak Dedy Sabaruddin, salah satu peserta dari Buton dan juga ketua kelas dalam kegiatan pelatihan ini.

 

Text : Aflaha Abdul Muunib | Dok : FDC-IPB | Editor : Tri Nur Sujatmiko

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *