browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Perdalam Teori Two Star SCUBA bersama Instruktur FDC

Posted by on October 31, 2016

Bogor – Setelah melewati tahap Skin, SCUBA, dan Latihan Perairan Terbuka (LPT), sebanyak 9 orang Diklat 34 FDC-IPB telah memasuki tahap Simulasi, yaitu rangkaian terakhir dari proses pendidikan dan latihan yang fokus dalam pengambilan data ekosistem terumbu karang. Tahap ini melatih masing-masing individu Diklat untuk belajar pengambilan data terumbu karang, ikan terumbu, dan makrobenthos. Tahun ini kegiatan simulasi Diklat 34
bernama CORALATION V (Coral Reef Ecosystem Monitoring and Simulation V) yang merupakan kegiatan tahunan dimulai dari diklat 30 (tahun 2012) di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Sehingga dalam kegiatan ini setiap diklat diharuskan untuk melaksanakan pelatihan kenaikan jenjang selam A2 (Two Star SCUBA).

kuliah-a2

Penyampaian materi dari Instruktur FDC, Bang Uus Abdul Kudus

Sebelum melaksanakan praktek di lapang, tentunya pemberian teori di kelas penting dilakukan agar setiap diklat memiliki wawasan mengenai ilmu yang akan dilaksanakan nantinya. Materi diberikan langsung oleh Bang Uus Abdul Kudus yang merupakan salah satu alumni FDC (anggota luar biasa) Diklat 11 dan sekaligus instruktur selam FDC. Kegiatan ini diikuti oleh 22 orang anggota FDC lainnya untuk me-refresh materi-materi Two Star SCUBA. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 13 Oktober 2016, bertempat di Sekretariat FDC.

Materi yang disampaikan yaitu Navigasi, Penyelaman dalam (deep dive), dan penyelaman malam (night dive) sebagai syarat sertifikasi A2 yang nantinya akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan CORALATION V. Selain itu, Bang Uus juga menyampaikan beberapa saran dan masukan untuk teknis kegiatan di lapangnya nantinya. “Melalui pemberian materi dari instruktur diharapkan dapat diaplikasikan saat kegiatan sertifikasi di lapang nanti”, ujar Karizma, Koordinator Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) FDC.

 

Text : Aflaha Abdul Munib | Dokumentasi : FDC-IPB | Editor : Tri Nur Sujatmiko

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *