Pelatihan Monitoring Ikan Terumbu Bersama P2O LIPI

 

mptk-ikan-terumbu-8

Pemaparan materi oleh Prof. Dr. Suharsono

Senin, 24 Oktober 2016, dua anggota Fisheries Diving Club IPB, yaitu Aflaha A. Munib (Diklat 31) dan Praditio Anggoro (anggota luar biasa Diklat 31) mengikuti kuliah umun berjudul “Pengaruh Perubahan Iklim Global Terhadap Biologi, Fisiologi, dan Sebaran Ikan”. Kuliah ini merupakan pengantar dalam kegiatan pelatihan monitoring kesehatan terumbu karang bidang ikan terumbu yang disampaikan oleh ahli terumbu karang Indonesia, Prof. Dr. Suharsono yang diadakan oleh Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2O LIPI), Ancol.

Penyampaian materi pokok kuliah dimulai dengan pemaparan tujuan kegiatan oleh Pak Suharsono yaitu kegiatan atau pelatihan ini mengacu pada peraturan Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristek) terkait pentingnya sertifikasi kompetensi untuk menghadapai era globalisasi, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), dan era digital pada perkembangan jaman kedepan.

mptk-ikan-terumbu-7

Didit (Kiri) dan Aflaha (Kanan) foto bersama Prof. Dr. Suharsono (Tengah)

Inti dari kuliah tersebut, beliau menyampaikan bahwa perubahan perairan seperti kenaikan suhu, pH, terutama faktor kimia-fisik laut mempengaruhi dalam sifat atau tingkah laku dari ikan. Contohnya adalah fenomena bleaching (pemutihan karang), kenaikan muka laut, dan perubahan sirkulasi (El Nino) mempengaruhi terhadap sebaran ikan. Selain itu juga peserta diberi pengenalan terhadap identifikasi ikan dari Family Chaetodontidae atau sering dikenal ikan kepe-kepe yang merupakan jenis ikan indikator di ekosistem terumbu karang. Yang mengesankan dari kegiatan ini adalah materi disampaikan dengan sangat sederhana dan jelas sehingga peserta yang berasal dari seluruh Indonesia dapat memahami dengan baik. “Ini merupakan pengalaman berkesan buat saya dan harapannya ilmu yang didapatkan dapat berguna buat pengembangan karir saya”, ujar Parditio Anggoro yang biasa di akrab Didit.

 

Text : Aflaha Abdul Munib | Dokumentasi : FDC-IPB | Editor : Tri Nur Sujatmiko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *