MantaWatch Internship Program 2016

11092016_4

Peserta MantaWatch Internship Program 2016 (dari kiri-kanan: Tri Nur Sujatmiko (IPB), Amelia Nurkumala (UNDIP), Retno K. Ningrum (UNPAD), Rafid Shidqi (UNSOED))

MantaWatch merupakan organisasi yang  berpusat di Inggris. didirikan pada tahun 2010 dengan tujuan meningkatkan kesadaran, ketersediaan data, dan  penelitian manta dalam kegiatan konservasi pari manta. Salah satu program yang dijalankan oleh MantaWatch adalah MantaWatch Internship Program (MIP) yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i di Indonesia  belajar sebagai pemimpin  masa depan di bidang kelautan dan perikanan serta kegiatan konservasi di Indonesia. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2012 dan didukung oleh Guy’s Trust, sebuah donatur dari Inggris yang mendukung kegiatan sosial  di Nepal dan Kamboja serta kegiatan konservasi kelautan di Labuan Bajo, Indonesia.

Tahun ini merupakan tahun kelima MIP yang diikuti oleh 4 mahasiswa, yaitu dari IPB, UNDIP, UNSOED, dan UNPAD. Program dilaksanakan selama 4 minggu dari tanggal 11 September – 8 Oktober 2016 di perairan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Minggu pertama merupakan edukasi, dimana para intern diberi pemahaman mengenai program MantaWatch, Manta Survey, dan pelatihan Advance Open Water bersama PADI. Minggu kedua merupakan penelitian, dimana intern melaksanakan survey pari manta di perairan Taman Nasional Komodo, mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari sebelumnya. Minggu ketiga merupakan kolaborasi, dimana intern melakukan kolaborasi dengan SDN 1 Labuan Bajo dan SMKN 1 Labuan Bajo untuk memberikan pemahaman mengenai pari manta dan kebersihan lingkungan, serta melakukan penelitian bersama Conservation International dalam upaya konservasi pari manta. Minggu keempat adalah evaluasi, dimana intern melakukan presentasi akhir kepada Balai Taman Nasional Komodo dan wisatawan di Le Pirate sekaligus memperoleh informasi mengenai pengembangan karir di bidang konservasi oleh Hollie Booth dari Wild Conservation Society (WCS) dan Cornelia Rindth dari Nature Bank.

img_68901

Foto bersama setelah survey manta bersama kru Dive Komodo dan Direktor MantaWatch, Andrew Harvey (kiri)

Kegiatan Internship yang dilaksanakan oleh MantaWatch memiliki banyak manfaat, terutama dalam mengembangkan karir bagi intern di bidang konservasi, meningkatkan wawasan mengenai cara untuk mensukseskan suatu upaya konservasi, serta pentingnya melakukan kolaborasi dengan pihak yang terlibat untuk menjadikan suatu program berjalan sukses.

 

 

 

DCIM100GOPROG0088800.

Photo ID, merupakan metode yang digunakan dalam konservasi pari manta, dimana setiap manta memiliki bentuk corak yang berbeda dibagian sisi perut

 


 

Text : Tri Nur Sujatmiko | Dokumentasi : MIP 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *