browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Kuliah Umum bersama Menteri Kelautan dan Perikanan RI

Posted by on October 14, 2016
img-20161013-wa0015

Ibu Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan RI di dampingi oleh ‎Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc (Rektor IPB)

13 Oktober 2016, anggota FDC IPB Sari Indiani Putri (diklat 31), Tri Nur sujatmiko (diklat 31), Dede Riyanto (diklat 33), Eko Zudah (diklat 33), Zainal Fahrudin (diklat 33), dan Christoforus Aries Tirta (diklat 30) berkesempatan menghadiri kuliah umum bersama Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Ibu Susi Pudjiastuti. Materi kuliah umum adalah “Kedaulatan Perikanan dan Melalui Pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing”. Kuliah umum ini dihadiri oleh Rektor Institut Pertanian Bogor, Rektor Institut Teknologi Sepuluh November, Rektor Universitas Hasanuddin, Rektor Universitas Sam Ratulangi, Direktur CTI-CFF (Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries, and Food Security), dan civitas IPB. Kuliah umum ini diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara IPB – KKP, Balitbang KP – Dekan FPIK IPB, IPB – CTI CFF, IPB – ITS, ITS – CTI CFF, UNHAS – CTI CFF, dan UNSTRAT – CTI CFF.

img_20161013_093821

Pendatangan MoU antara IPB dengan KKP

“Sekilas tentang IUU Fishing yaitu kegiatan eksploitasi berlebih terhadap stok ikan, kerusakan kolateral ekosisitem, dan kerugian negara. Harapan dengan adanya penanggulangan IUU Fishing ini adalah kita berusaha menjadikan perikanan kita ini terkelola secara modern dengan ciri Legal Reported and Regulated Fisheries. Secara global, sudah di estimasi dan sudah di publikasikan pada tahun 2009 hampir sekitar 250 triliun. Di Indonesia, tepatnya di Laut Arafura sudah 1 juta ton/tahun hilang akibat illegal fishing”- tutur guru besar FPIK IPB Prof. Dr. Ir. Indra Jaya, M.Sc.

Kuliah Umum yang disampaikan oleh Ibu Mentri mencangkup tindakan yang dilakukan pada illegal fishing, bagaimana para kapal dari negara tetangga masuk ke Indonesia. Seminggu setelah diangkat oleh Presiden untuk menjadi mentri, Bu Susi melakukan pertemuan dengan para dubes dari negara-negara yang berterkaitan dengan illegal fishing yaitu China, Vietnam, Malaysia, Philiphina, dan Australia dan semua setuju atas pertemuan pada hari itu. Bu Susi menerapkan peraturan dan tindakan penenggelaman kapal yang terlihat manfaat yaitu sudah berkurang kapal-kapal asing yang masuk ke wilayah perairan Indonesia dengan melihat hasil stasistik bahwa PDB sektor perikanan meningkat ketika nilai PDB di sektor lain menurun.

img_20161013_094720

Pemaparan Kuliah Umum bersama Ibu Susi

IUU Fishing tidak hanya melibatkan masalah perikanan, melainkan semua aspek yang dapat merugikan negara, seperti penyeludupan narkoba, penyelundupan miras, human traffic, penyeludupan senjata yang bisa mengancam kedaulatan dan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Bu Susi meminta kepada akademisi dari setiap universitas agar secara objektif melakukan study tentang kebijakan, serta di perlukan usaha seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga kedaulatan Perikanan dan Kelautan Indonesia karena perikanan dan kelautan merupakan aset indonesia satu-satunya yang dimiliki.

teks : Sari Indriani Putri

Editor : Tri Nur Sujatmiko

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *