Pembentukan Komunitas Sahabat Pulau Pari

Kegiatan FGD Pembentukan Komunitas Sahabat Pulau Pari dilaksanakan pada hari Kamis 19 Mei 2016 hingga hari Jumat 20 Mei 2016 di Pulau Pari, Jakarta. Pada kegiatan tersebut anggota FDC yaitu Firsta Kusuma Yudha (FDC.XXXIII.14) turut diundang sebagai salah satu partisipan dalam pembentukan Forum Sahabat Pulau Pari yang diadakan oleh UPT Loka Pengembangan Kompetensi SDM Oseanografi Pulau Pari – LIPI.

1

Pembentuk Komunitas Sahabat Pulau Pari

Kegiatan FGD Pembentukan Komunitas Sahabat Pulau Pari meupakan tindak lanjut dari Forum yang sebelumnya dilaksanakan di Jakarta mengenai pembentukan prosedur dan panduan konsep-konsep panduan aktifitas yang dilakukan relawan dalam komunitas. Secara umum FGD ini bertujuan untuk mendapatkan saran, kritikan, pendapat, dan masukan dari forum, pelaku komunitas, termasuk stakeholder dan masnarakat dari dalam maupun luar pulau terhadap konsep komunitas dan panduan aktivitas yang disusun sebelumnya.

2

Kegiatan aksi bersih pantai yang dilakukan di sekitar Star Beach, Pulau Pari

Peserta FGD ini terdiri dari stakeholder, masyarakat pulau, dan pelaku komunitas bidang penelitian dan lingkungan yang diantaranya adalah UPT LPKSDMO Pulau Pari, Kementrian Kelautan dan Perikanan, Komunitaas Peta Hijau, Fisheries Diving Club, WWF Indonesia, Mapala UI, WANADRI, Himasper IPB, dan Marine Buddies. Peserta kegiatan melakukan forum dalam suatu ruangan yang bertujuan mendapatkan output berupa satu pemahaman dan saling mendukung akan konsep program komunitas sahabat pulau pari, dan keikut sertaan forum, komunitas, stakeholder, dan masyarakat menjadi relawan di komunitas sahabat pulau pari. Peserta diajak untuk lebih mengetahui dan mengenal kondisi sebenarnya Pulau Pari, baik dari sisi lingkungan maupun sosial dan ekonominya.
Hari pertama kegiatan, peserta melakukan forum untuk menampung aspirasi, kritik, dan masukan dari masyarakat terhadap komunitas yang akan dibentuk. Selanjutnya dilakukan orientasi Pulau Pari untuk mengetahui kondisi sebenarnya yang terjadi pada pulau tersebut. Kemudian peserta kegiatan yang berasal dari komunitas bidang penelitian dan lingkungan mengadakan forum khusus untuk membahas masukan dan kritikan dari masyarakat untuk menentukan kegiatan yang tepat untuk dilakukan dalam Komunitas Sahabat Pulau Pari. Hari kedua diadakan aksi bersih pantai yang dilakukan oleh peserta FGD Pembentukan Komunitas Sahabat Pulau Pari. Setelah itu dilakukan orientasi bawah laut sekitar Pulau Pari, kegiata ini dilakukan untuk mengetahui kondisi ekosistem terumbu karang di sektitar pulau yang kemudian akan menjadi salah satu media kegiatan Komunias Sahabat Pulau Pari.
Kegiatan pembentukan Komunitas Sahabat Pulau Pari dicukupkan untuk tahun ini setelah kegiatan FGD tersebut. Selanjutnya akan dilakukan penyusunan modul-modul tata pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh Komunitas Sahabat Pulau Pari. Komunitas Sahabat Pulau Pari itu sendiri baru mulai melakukan pembukaan pendaftaraan relawan pada tahun 2017 mendatang.

Teks: Firsta Kusuma Yudha | Dokumentasi: Tim Pembentuk Komunitas Sahabat Pulau Pari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *