browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Forum Penyelam Mahasisawa Indonesia (FoPMI) VII

Posted by on June 23, 2016

Derawan – Tanggal 24-30 April 2016, Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (FopMI) kembali mengadakan Jambore ke-7. Jambore merupakan gathering tahunan FoPMI yang kali ini mengeksplorasi surge laut Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Forum ini dibentuk sebagai wadah apresiasi aktivitas mahasiswa di bidang penyelaman, seluruh universitas di indonesia, dan forum ini bertujuan untuk mengembangkan jaringan penyelam mahasiswa dan publikasi aktivitas agar dapat terpublikasi secara nasional.

Tahun ini giliran club FIN-DC, Universitas Mulawarman, Balikpapan, Kalimantan Timur menajadi tuan rumah Jambore VII Fopmi. Jambore kali ini disertakan dengan kegiatan sebelumnya yaitu Jambore VI FoPMI yang diadakan di Kepuluan Krakatau, Lampung. Fisheries Diving Club (FDC  – IPB) turut serta dalam kegiatan Jambore VII tersebut, ialah Regitri Darmawan (ITK 51) dan Kevina Rizki (ITK 51) yang menjadi delegasi perwakilan FDC. Kegiatan ini diikuti pula oleh rekan-rekan penyelam dari Anemon Diving Club (Anemon DC – Universitas Lampung, Polinela Diving Club (Polinela DC) – Politeknik Negeri Lampung , Marine Diving Club(MDC) & Unit KegiatanSelam (UKSA-387) – Universitas Diponegoro, Gadjah Mada Diving Society (GADISO) & Unyil – Universitas Gadjah Mada, Fisheries Diving Club – Universitas Hassanudin, NAUTIKA – Institut Teknologi Bandung, serta Oseanik  – Univesrsits Padjajaran, serta club-club selam lainnya

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan dan pelepasan yang dilakukan di auditorium Universitas Mulawarman yang berlangsung pada 25 April 2016. Kongres diakhiri dengan foto bersama seluruh cub selam di Indonesia, dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Derawan yang memakan waktu kurang lebih 1 hari.

Jambore sendiri dilakukan keesokan harinya (26/4) di Pulau Derawan. Lalu peserta dan panitia ditempatkan di rumah masyarakat sekitar atau sering disebut homestay. Jambore kali ini dimaksudkan sebagai ajang berkumpul, sharing sesame penyelam Indonesia, diskusi mengenai program kerja dan struktur organisasi yang akan mereka jalankan serta fun diving bersama. Fun diving yang dilakukan di Pulau Derawan dan Sangalaki. Selain melakuan fun diving bersama para peserta juga mendapat materi dari Mantawacth, Diver Clean Action, dan pelatihan tentang monitoring penyu di pulau Sangalaki, Kepulauan Derawan.

 

Teks : Regitri Darmawan

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *