browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

TALK SHOW “GALI PESONA BAHARI NUSANTARA DALAM EKSPEDISI ZOOXANTHELLAE”

Posted by on April 22, 2016

Jakarta, Fisheries Diving Club (FDC IPB) dibentuk oleh mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor pada tanggal 6 Oktober 1987 atas keamaan bakat dan minat dan merupakan club selam tertua berbasis scientific diving di Indonesia. Pentingnya Club selam berbasis scientific di IPB berhubungan dengan kekayaan keanekaragaman hayati laut (marine biodiversity) Indonesia yang belum banyak dieksplor oleh masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa. Mahasiswa memiliki peran aktif dalam mempertahankan eksistensi keanekaragaman hayati laut. Melalui Organisasi Selam berbasis scientific diving, FDC IPB telah melakukan eksplorasi laut di berbagai wilayah Indonesia. Beberapa kegiatan rutin yang dilakukan FDC IPB antara lain pelatihan penyelaman dasar dan penyelaman ilmiah, serta kegiatan monitoring di Kepulauan Seribu. Kegiatan terbesar FDC IPB dilakukan setiap dua tahun sekali, yaitu Ekspedisi Zooxanthellae yang telah dilaksanakan sebanyak 13 kali hingga tahun 2014.

deepextreme2

Antusias peserta talk show di Cendrawasih Hall, JCC

Beberapa capaian telah diperoleh mahasiswa yang bergabung dalam FDC IPB. Melalui hasil yang diperoleh dalam Ekspedisi Zooxanthellae ke-3 berlokasi di Kepulauan Wakatobi (saat itu bernama Pulau Tukang Besi), rekan-rekan mahasiswa FDC dapat membantu memberikan rekomendasi pengelolaan kepada pemerintah setempat. Usaha eksplorasi tersebut mendukung penetapan wilayah tersebut sebagai Taman Nasional Wakatobi pada tahun 1996. Tanggal 31 Maret – 3 April 2016 tepat perayaan 10 tahun acara “Deep and Extreme Indonesia” berlokasi di Hall Cendrawasih, JCC yang merupakan acara Diving, Marine & Adventure terbesar di Indonesia, FDC IPB mengadakan acara talkshow bertajuk Ekspedisi Zooxanthellae dan sejarahnya. Saat acara talkshow tersebut, FDC IPB mengundang 3 alumni FDC sebagai pembicara, yakni Budhi Hascaryo Iskandar (Pendiri & Instruktur FDC IPB), Veda Santiaji (Coral Triangle Support Leader, WWF-ID), dan Imran Amin (Marine Program Director, TNC). Talkshow berlangsung selama satu jam mulai pukul 18:00-19:00 WIB pada hari Sabtu tanggal 02 APril 2016, diawali dengan pemutaran video Ekspedisi Zooxanthellae serta sambutan dan penjelasan singkat tentang FDC IPB oleh bapak Budhi Hascaryo selaku pendiri FDC IPB.
deepextreme3deepextreme1

deepextreme4

Foto bersama anggota FDC, alumni, dan pembicara,

Ekspedisi Zooxanthellae merupakan ekspedisi ilmiah yang bertujuan untuk mengeksplorasi keindahan bawah air, mengenal kehidupan masyarakat pesisir, mengetahui potensi alam yang dapat dikembangkan, menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan pesisir, dan memetakan kawasan di sekitar pesisir daerah tersebut. “Mahasiswa memiliki peran penting dalam hal konservasi khususnya keanekaragaman hayati pesisir, yang menjadi tantangan saat ini adalah luasan terumbu karang di Indonesia masih belum sepenuhnya di eksplorasi sehingga sangat dibutuhkan bantuan serta peran mahasiswa dalam upaya mengekslorasi ekosistem pesisir tersebut“ ujar Imran saat menjelaskan tentang pentingnya peran mahasiswa pada bidang scientific diving. “ Pada tahun 1994 saya dan teman teman FDC saat itu mengupayakan agar ekspedisi ke-3 dapat dilaksanakan diluar Pulau Jawa, karena ekspedisi pertama dan ke-2 dilaksanakan di Kepulauan Seribu, Jakarta. Hingga akhirnya  berkat usaha anggota FDC saat itu ekspedisi ke-3 dapat dilaksanakan di Kepulauan Tukang Besi yang saat ini dikenal dengan Wakatobi, Sulawesi“ ujar Veda Santiaji saat ditanya tentang sejarah ekspedisi yang pernah di ikuti. Acara talkshow berlangsung sangat meriah dikarenakan antusias penonton yang tertarik dengan kegiatan Ekspedisi Zooxanthellae tersebut. Akhir acara talkshow dilakukan dengan pemberian doorprize oleh pihak FDC IPB dan Deep & Extreme serta penyampaian informasi terkait Ekspedisi Zooxanthellae XIV yang akan dilaksanakan pada bulan September 2016 di Pesisir Timur Pulau Kei Besar, Maluku Tenggara. Harapan dari Ekspedisi Zooxanthellae XIV, Pulau Kei Besar dapat lebih dikenal oleh masyarakat indonesia khususnya pada bidang wisata bahari.

 

Teks: Karizma Fahlevy /Doc : FDC IPB 2016/Editor: Tri NS

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *