browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Mentor? Starts From Here, “Training of Trainer”

Posted by on March 3, 2016

Fisheries Diving Club (FDC) adalah organisasi selam mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB), yang didirikan pada tanggal 6 Oktober 1987 dan berada di bawah organisasi Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI). Selama 28 tahun, FDC terus berkembang dan mengukir prestasinya pada beberapa event dan kesempatan yang berbeda. Pencapaian prestasi-prestasi tersebut bisa dikatakan tidak lepas dari proses sistem pendidikan dan pelatihan (Diklat) di FDC IPB.

Divisi Pendidikan dan Latihan (Diklat) dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah yang dibantu beberapa pejabat diklat. Divisi Pendidikan dan Latihan berwenang dan bertanggung jawab dalam memberikan pelatihan dan pendidikan selam kepada peserta diklat selam FDC, mengembangkan soft skill anggota FDC, terutama bagi anggota baru FDC (Diklat). Selain itu divisi ini bertanggung jawab dalam peningkatan sertifikasi jenjang lanjutan bagi seluruh anggota FDC.

Terdapat istilah diklat dan mentor pada sistem kediklatan FDC IPB. Diklat merupakan anggota FDC yang termuda dan bersedia mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan sebagai penyelam standard FDC IPB. Sedangkan mentor merupakan anggota FDC yang telah dinyatakan lulus dan menyelasaikan rangkaian kediklatan.

Mentor diharuskan mengajarkan dan memberikan ilmu, materi, pelatihan, dan praktik kepada diklatnya. Namun sebelum melaksanakan tugasnya dalam mendidik, mentor akan mengikuti training of trainer. Kegiatan ini bersifat wajib bagi anggota yang telah lulus program kediklatan FDC. Training of trainer memberikan wawasan dan pengetahuan untuk dapat memeberikan materi mengenai penyelaman dan non penyelaman. Training of trainer dapat juga dikatakan pemberian materi atau diskusi terkait sikap, perilaku, dan larangan yang perlu diperhatikan dalam memberikan pelatihan dan pendidikan selam kepada peserta diklat.

Kegiatan TOT dibimbing langsung oleh Pak Budhi Hascaryo selaku instruktur FDC-IPB

Kegiatan ToT dibimbing langsung oleh Pak Budhi Hascaryo selaku instruktur FDC-IPB

Alhamdulillah, tahun ini diklat 33 FDC telah menyelesaikan rangkaian kediklatan dan dinyatakan lulus. Pada hari Rabu, 3 Februari 2016 kemarin, diklat 33 telah melaksanakan training of trainer. Pemateri training of trainer sendiri disampaikan oleh pembina sekaligus instruktur kami, yaitu Bapak Dr. Ir. Budi Hascaryo Iskandar, M.Si. Training of trainer dilakukan dengan sederhana di ruang sekretariat 2 FDC. Jumlah mentor yang mengikuti training of trainer ini berjumlah 20 orang.

“Membangkitkan semangat saya sebagai mentor muda”, ujar Fakhry (diklat 33/ITK 51) dan Geza (diklat 33/ITK 51) selaku divisi kediklatan FDC periode ini mengatakan sebelumnya tak disangka ternyata ada tahap seperti ini sebagai mentor FDC.

 

teks: aflaha Abdul Munib / dokumentasi: geza saputra

Share

2 Responses to Mentor? Starts From Here, “Training of Trainer”

  1. FDC-IPB

    Terimakasih :)

  2. training for trainer sertifikasi bnsp

    Semangat dan sukses untuk Acara Training for trainernya.
    Semangat buat FDC IPB

    salam,
    Luki Transwish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *