Anggota FDC Menelisik Trip Penangakapan Teri di Karimunjawa

 

DSCN1038 -trip branjang

Karimunjawa ‒ dalam kegiatan praktek kerja lapang (PKL) bulan agustus 2015, dua anggota fdc ipb (Intan dan Aflaha diklat 31) bersama dua rekan dari Ilmu dan Teknologi Kelautan (Thomas dan Miftahul ITK 49) berkesempatan untuk pergi melaut bersama nelayan beranjang atau penangkap ikan teri. Tangkapan utamanya memang ikan teri (Hypoatherina sp.) dan beberapa tangkapan sampingan seperti ikan tongkol, ikan lemuru dan cumi-cumi (Loligo sp.). “Ini yang memang ditunggu-tunggu… Pergi melaut!” ujar Aflaha salah satu anggota fdc yang pergi melaut.

Kesempatan ini mereka dapat ketika mereka sedang berbincang-bincang dengan nelayan setempat dan langsung saja diajak oleh kapten kapal. Sekilas info, biasanya dalam satu kapal beranjang terdiri dari 5 orang nelayan dan termasuk 1 orang kapten kapal didalamnya. Kalau dilihat-lihat, kapal beranjang ini berjumlah kurang lebih 6 buah kapal yang dapat ditemukan di tempat sandaran kapal pelabuhan perikanan Karimunjawa.

1

Kami berangkat dari jam 5 sore atau menjelang maghrib hingga pukul 1 dini hari. Nelayan teri merupakan salah satu nelayan yang memanfaatkan cahaya dalam menarik perhatian ikan teri untuk ditangkap sehingga operasi penangkapan dilakukan malam hari.

Angin kencang nan dingin ialah kondisi yang kami rasakan hingga kepulangan. Padahal tiga orang nelayan yang menemani kami berusia sekitar 70 tahun. Mereka masih sangat bugar untuk pergi melaut, masih cakap dalam mengoperasikan alat tangkap, mereka pun masih tangguh untuk menangkat jangkar kapal. Bisa dibilang mereka adalah veteran dalam dunia penangkapan ikan karena mereka sendiri telah menjadi nelayan sejak kapal masih menggunakan tenaga angin untuk berlayar.

Nenek moyangku seorang pelaut ternyata bukan sekedar kalimat biasa saja, ternaya itu nyata adanya. Banyak canda, tawa, ilmu dan materi yang mereka berikan selama kami pergi melaut bersama mereka. Sungguh pengalaman yang sangat baik bagi kami.

Teks : Aflaha Abdul Munib / dok : Tim PKL Karimunjawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *