browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Deep & Extreme Talk Show 2015

Posted by on May 25, 2015
Obrolan sore mengenai dunia penyelaman bersama FDC - IPB

Obrolan sore mengenai dunia penyelaman bersama FDC – IPB

Jakarta – Deep and Extreme Indonesia 2015 merupakan pameran yang menghadirkan informasi tentang dunia selam, destinasi pariwisata, dan industri pendukungnya. Deep dan Extreme Indonesia 2015 digelar dalam empat hari yang dimulai pada hari Kamis, 30 April sampai 3 Mei 2015 lalu.

Pada kesempatan ini Fisheries Diving Club berkesempatan untuk mengisi Talk show bertema “Aksi Nyata Mahasiswa untuk Laut Indonesia”. Dalam event ini FDC turut mengundang pembicara Budhi Hascaryo Iskandar (Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB), Uus Abdul Kudus (Asosiasi Koral Karang Hias), Imran Amin Makkaratte (The Nature Conservancy Indonesia) dan Nanang Sujana (Indonesian Nature Film Society), serta tak ketinggalan Wahid Suherfian (Ketua Ekspedisi Zooxanthellae 13 Sabu). Kegiatan ini berlangsung lancar dan dipandu oleh Christoforus Aries sebagai moderator.

Acara ini sendiri bertujuan untuk sedikit memberi informasi mengenai peran mahasiswa dalam dunia konservasi laut Indonesia hingga saat ini. FDC sebagai icon dalam perwakilan klub selam mahasiswa di Indonesia yakin akan mampu menggugah klub selam lain di Indonesia untuk lebih mengembangkan skill dan sikap ramah lingkungan dalam setiap kegiatan penyelaman. Beberapa poin penting juga disampaikan dalam talk show seputar penyelaman dan konservasi ini, salah satunya mengenai terumbu karang.

“Penyelam sebaiknya memiliki kemampuan netral bouyancy yang baik, sehingga tidak merusak ekosistem terumbu karang,” ujar Pak Budhi yang aktif sebagai instruktur selam mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB. Dari segi keilmiahan, Bang Imran dan Bang Uus menyampaikan pentingnya pengetahuan dan penuntasan ilmu mengenai terumbu karang yang merupakan salah satu aspek penting dari keanekaragaman laut.

Berbicara mengenai laut dan keindahannya, Bang Nanang menyampaikan masih sedikitnya film maker Indonesia yang mengkesplor keindahan alam bawah lautnya hingga ke kancah internasional. Padahal banyak sekali yang berpotensi untuk disajikan dan disandingkan dengan keindahan alam belahan dunia lainnya.

Talk show ini juga dihadiri oleh penyelam mahasiswa yang baru saja pulang mengikuti FOPMI di Lampung. Oleh karena itu partisipan saat acara berlangsung sangat antusias dan hadiri oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mulai dari Makassar (UNHAS), Semarang (UNDIP), Jogjakarta (UGM), Ambon, dan Lampung.

Harapanya dengan adanya kepercayaan dan harapan yang besar terhadap perkembangan kepedulian masyarakat bagi lingkungan bagi wilayah laut Indonesia, kita dapat bersama-sama menjaga dan melestarikan kehidupan bawah laut yang indah. Indonesia membutuhkan peran dalam memelihara dan memanfaatkan lingkungannya dengan bertanggungjawab. (Boy MK dan Alexandra MW / FDC IPB / 2015)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *