Tim Fopmi di Perairan Anak Gunung Krakatau

Tim Jambore FOPMI VI berpose bersama

Tim Jambore FOPMI VI berpose bersama

Lampung – Tanggal 23-27 April 2015, Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (FopMI) kembali megadakan Jambore ke-6. Jambore merupakan gathering tahunan FoPMI yang kali ini mengeksplorasi laut Lampung. FoPMI dibentuk sebagai wadah apresiasi berbagai aktivitas penyelaman yang diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia, dan berfokus unutk mengembangkan networking antar kalangan penyelaman mahasiswa agar setiap penyelenggaraan kegiatan penyelaman yang terjadi mendapat kesempatan publikasi secara luas berskala nasional.

Tahun ini giliran Klub selam Anemon (Universitas Lampung) yang berkolaborasi dengan Polinela Diving Club (Politeknik Negeri Lampung) bersama kawan-kawan penyelam yang tergabung dalam Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (FoPMI).  Jambore kali ini disertakan dengan kongres kedua setelah dua tahun sebelumnya diadakan kongres pertama di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Menyelami Laut Krakatau

Menyelami Laut Krakatau

Fisheries Diving Club (FDC  – IPB) turut serta dalam kegiatan Jambore VI tersebut, ialah Aflaha Abdul Munib (ITK 49) dan Siti Khairina (ITK 48) yang menjadi delegasi perwakilan FDC. Kegiatan ini diikuti pula oleh rekan-rekan penyelam dari Universitas Indonesia, Universitas Jendral Soedirman, Maranatha Diving Club (MDC) – Universitas Kristen Maranatha, Unit Kegiatan Selam (UKSA-387), Marine Diving Club (MDC) – Universitas Diponegoro, Gadjah Mada Diving Society (GADISO) – Universitas Gadjah Mada, Pattimura Diving Society (PADIS) Universitas Pattimura, Fishery and Marine Diving Club (FIN – DC)Universitas Wulawarman, serta Fisheries Diving Club (FDC)  – Universitas Hasanuddin.

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan dan dilanjutkan dengan Kongres ke-2 di Universitas Lampung yang berlangsung pada tanggal 23-25 April lalu. Kongres diakhiri dengan penetapan saudara Adi Muliadi (FDC – Universitas Hasanuddin) sebagai ketua FoPMI yang baru untuk 2 tahun kepengurusan ke depan.

Keindahan bawah laut Krakatau

Keindahan bawah laut Krakatau

Jambore sendiri dilakukan keesokan harinya (26/4) di Pulau Sabesi, Lampung sebagai homebase kawan-kawan peserta dan panitia. Jambore kali ini dimaksudkan sebagai ajang berkumpul, sharing sesama penyelam Indonesia, diskusi mengenai program kerja dan struktur organisasi yang akan mereka jalankan serta fun diving bersama. Fun diving yang dilakukan di Pulau Sabesi dan lagoon cabe di Pulau Rakata. Selain itu para peserta Jambore VI diberi kesempatan untuk merasakan sensasi menyelam dan  mendaki di area gunung Anak Krakatau.

“Mengikuti Jambore VI kali ini ingin mencari pengalaman baru dan teman baru, dan jelas saya rasakan apa yang saya ingin dapat. Selain itu pengalaman tersendiri bisa menginjakan kaki di Cagar Alam Kepulauan Krakatau” ujar Siti Khairina ketika diwawancarai oleh salah satu press dari mahasisiwi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Lampung. (Aflaha AM/ Dok: FopMI 2015)

Delegasi FDC - IPB dalam Jambore Fopmi 2015

Delegasi FDC – IPB dalam Jambore Fopmi 2015

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *