PAP SCUBA Pertama Diklat XXXIII

Penjelasan mengenai pakaian selam

Penjelasan mengenai pakaian selam

Bogor, FDC – Jenjang skin diver merupakan rangkaian pertama diklat FDC. Sebelum tahap selanjutnya akan melalui tahap ujian skin diver pada tanggal 14 April 2014. Berdasarkan keputusan divisi Kediklatan dan Kepala sekolah, Muslim (PSP 49) mengumumkan kelulusan diklat 33 FDC – IPB telah naik satu level ke jenjang selanjutnya, yaitu jenjang SCUBA (Self-Contained Underwater Breathing Apparatus). Diklat yang berjumlah 18 orang ini, langsung diberikan materi pap (pengantar akademik penyelaman) yang lebih terfokuskan pada materi SCUBA. Materi yang pertama kali diperkenalkan tentunya berupa pap peralatan SCUBA pada tanggal 16 April 2015 dengan penanggung jawab PAP, Eko Suprianto (ITK 50). Materi yang diajarkan seperti Buoyancy Compensator Device, regulator, air tank, weight belt) dan beberapa peralatan pendukung lainnya (kompas selam, wet-suit, tank net, tank boot, senter selam, dive-buoy, sausage).

Tidak hanya itu, sehari berikutnya, diklat 33 diperkenalkan juga tentang pengenalan kompresor. Kompresor merupakan alat yang digunakan dalam pengisian tabung selam. Anggota termuda ini diajarkan sistem kerja kompresor, tata cara dan aturan pengisian tabung selam, serta bagaimana dalam melakukan pengisian tabung selam. Pengalaman pengisian tabung selam ini dirasa susah-susah gampang menurut mereka, tapi ini juga bagian dalam pendidikan FDC agar mereka tidak hanya bisa menyelam saja kelak, namun mereka juga paham dengan alat yang mereka pakai termasuk cara pengisiannya.

Penjelasan mengenai standard inflatable (sosis selam)
Penjelasan mengenai alat standard inflatable (sosis selam)

         Rangkaian kegiatan terkait peralatan SCUBA set dan kompresor tentunya dalam pengawasan mentor-mentor FDC. Bagian dari divisi peralatan, mentor- mentor yang terlibat langsung secara keseluruhan baik pap peralatan SCUBA dan pengenalan kompresor, ialah Eko Sugiarta (ITK 49), Kinanthi Palupi (ITK 49), dan Eko Suprianto (ITK 50).

“Selama kegiatan, PAP berjalan santai dan sedikit bercanda ketika materi. Ya…. tapi masih ada beberapa orang yang masih ragu ketika berhadapan dengan SCUBA set dan kompresor, mungkin mereka takut salah” komentar Eko Suprianto, salah satu anggota divisi peralatan. (AAM/ Dok: IDH – FDC 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *