browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Pelatihan Kenaikan Jenjang Penyelaman Anggota FDC IPB

Posted by on February 3, 2015
Pak Budi Hascaryo memimpin briefing sertifikasi sebelum penyelaman dalam

Pak Budi Hascaryo memimpin briefing sertifikasi sebelum penyelaman dalam

Jakarta – Pada akhir bulan Januari tepatnya pada hari Rabu hingga Minggu (28-31 januari 2015), mahasiswa Fisheries Diving Club Fakultas Perikanan dan Ilmu Perikanan Institut Pertanian Bogor (FDC FPIK IPB) melaksanakan pelatihan selam di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pelatihan selam ini merupakan sertifikasi kenaikan jenjang hingga A4 yang dibimbing langsung oleh insturktur dan pembina FDC – IPB, Dr. Ir. Budhi Hascaryo Iskandar, M.Sc.

Selama kegiatan berlangsung, setiap anggota FDC – IPB dilatih untuk menguasai materi yang diberikan, di antaranya untuk menjadi penyelam penyelamat (rescue dive). Dalam materi ini para penyelam diharuskan untuk dapat menyelamatkan korban atau penyelam lain yang berada di dalam laut hingga dibawa ke permukaan untuk diberikan penanganan yang lebih lanjut di darat.

Emergency safety stop simulation

Emergency safety stop simulation

Selain itu materi yang harus dikuasai peserta yaitu mengorganisir dan merencanakan suatu trip penyelaman (dive master). Untuk menguasai materi-materi tersebut para peserta sertifikasi melakukan simulasi terdiri dari penyelaman dalam (deep dive), Penyelaman rekreasi (recreational dive), penyelaman penyelamat (rescue dive), stress test scuba diving, dan emergancy safety stop. Serta penyelaman lainnya dalam pengawasan instruktur.

Tim sertifikasi dengan instruktur tercinta

Tim sertifikasi dengan instruktur tercinta

Anggota FDC – IPB yang ikut dalam sertifikasi tersebut berjumlah 11 orang, antara lain Azhar Muttaqin (C54100020), M. Ramadhany (C54100019), Wienda Justitia (C44100007), Boy Mohammad Kenedi (C54120062), Aflaha Abdul Munif (C54120073), Varrenco J. Aprilliano (C54120069), Intan Destianis Hartati (C54120038), Praditio Anggoro (C44110036), Wahid Suherfian (C54110076), Muslim (C44120013), serta Mas Randi Rastu.

Pelatihan ini dirasa sangat bermanfaat dalam memperluas wawasan dan melatih keterampilan para anggota. “Melalui pelatihan ini diharapkan peserta dapat mengaplikasikan ilmu penyelamatan dan perencanaan yang didapat dengan baik dan bertanggung jawab,” ujar Azhar selaku ketua FDC – IPB periode 2014. Waspada dira anuraga! (Teks: BMK & WS/ Dok: VJA & MR/ FDC 2015)

Share

One Response to Pelatihan Kenaikan Jenjang Penyelaman Anggota FDC IPB

  1. diana

    Selamat pagi bapak/ibu,

    Kapan kurus menyelam diadakan lagi? saya ingin mengikuti kursus menyelam utk tingkat dasar.

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *