browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Labroides sp. Ikan Dokter,Tanpa Suster. Oleh : Doni Peryanto (Mahasiswa PSP-IPB & FDC-IPB)

Posted by on March 13, 2014

Potensi perikanan Indonesia sangat besar, salah satunya adalah perikanan laut terutama potensi ikan karang (reef fish). Pada umumnya potensi ikan karang hanya sebagian kecil dimanfaatkan untuk konsumsi manusia ataupun dijadikan perdagangan komersial seperti ikan hias. Potensi ikan karang lainnya masih banyak orang-orang yang belum mengenal keunikan dan jasanya bagi lingkungan ataupun bagi ikan karang lainnya.

ikan2 ikan

sumber: (reef fish identification, Gerald allen, et al)

Salah satu jenis ikan karang yang memiliki keunikan dan jasanya bagi ikan lainnya adalah ikan dari famili Labridae , dengan nama spesiesnya adalah Labroides sp. Ikan ini merupakan ikan karang yang aktif pada siang hari atau yang dikenal dengan istilah ikan diurnal, termasuk ikan pemalu dan sulit untuk di dekati dan sangat suka berada pada lokasi perairan yang bersih dan pada tubir karang dengan kedalaman antara 3-20 meter, namun untuk ikan Labridae raksasa lainnya bisa di temukan hingga kedalaman 100 meter, seperti ikan Cheilinus undulates, Ephibulus insidator. Ikan Labroides sp. umumnya memakan ikan-ikan kecil dan moluska kecil lainnya.

Bukti kebesaran sang pencipta langit dan bumi ini tidak hanya yang ada daratan saja, banyak hal yang orang-orang tidak bisa dan jarang untuk bisa melihat secara langsung bukti kebesaran sang pencipta di bawah air. Salah satunya adalah keunikan dan manfaat ikan Labroides sp. ini yang sangat menjadi perhatian dari para Diver. Gerakan tingkah lakunya dalam berinteraksi dengan ikan lainnya yang membuat para Diver terpesona dan tidak luput dari mata kamera underwaternya. Keunikan dari ikan Labroides sp. ini adalah perannya dalam melakukan simbiosis mutualisme dengan ikan karang besar lainnya seperti ikan karang dari famili Seranidae atau di kenal dengan ikan kerapu. Ikan Labroides sp. ini melakukan simbiosis mutualisme dengan cara membersihkan kotoran-kotoran pada tubuh ikan kerapu sekaligus sebagai tempat mancari makan dan perlindungan diri dari predator lain yang siap kapan saja untuk menerkamnya. Kemahiran ikan Labroides sp. yang meliuk liuk di antara tubuh ikan besar lainnya pada saat membersihkan tubuh ikan yang menjadi tempat perlindungannya ini lah yang menjadi fokus dan perhatian para Diver, bak melihat tarian samba yang menari nari diantara tubuh ikan yang di tempatinya. Kehebatan dan keunikan yang dimiliki oleh ikan Labroides sp. ini lah yang membuatnya memperoleh gelar ikan Dokter tanpa dia harus menempuh jenjang kuliah ataupun pendidikan lainnya. Tentunya ikan Labroides sp. ini merupakan ikan bergelar Dokter tanpa harus memiliki suster.

Hal ini merupakan suatu bukti kekuasaan dari sang pencipta yang telah jelas menyebutkan bahwa “tidak ada sesuatu yang diciptakan dengan tujuan sia-sia, semua ada manfaatnya”. Sehingga tingkah laku ikan Labroides sp. ini adalah bukti nyata akan kebesaran-NYA. Ini juga memberikan keseimbangan dalam kehidupan ikan karang, dimana ada unsur saling berbagi dan saling melindungi serta saling menebarkan manfaat dengan yang lainnya. Bukti kebesaran sang pencipta lainnya pada kehidupan bawah air lainnya adalah seperti keseimbangan dan keakuran ikan remora dengan ikan hiu.

Semoga tingkah laku kehidupan bawah air ini, salah satunya adalah ikan Labroides sp. bisa menjadi pelajaran untuk kita saling mutualisme dengan yang lainnya dan saling berbagi serta melindungi satu sama lainnya tanpa harus melihat latar belakang dan besar-kecilnya.

“WASPADA DIRA ANURAGA”

logo

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *