Hari Berlabuh FDC IPB

Hari Berlabuh ke 26 FDC-IPB dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat tanggal 21-22 November 2013. Hari Berlabuh kali ini bertemakan “Aksi FDC untuk kampus biru” dengan konsep Open House dimana didalam rumah terbuka FDC terdapat pameran foto yang bertempat di sekretariat 1. Sebagian besar foto-foto bertemakan “Kehidupan Pesisir”, khususnya di bidang bawah laut. Tidak hanya foto-foto saja yang dipamerkan dalam rumah terbuka FDC, tetapi alat-alat penyelaman FDC yang bersejarah juga ditampilkan, seperti kompresor, kamera underwater, serta alat-alat penyelaman yang sudah lanjut usianya.

Open House

Gambar 1. Welcome !!! Sambutan selamat datang saat acara HB

 

Sekretariat 1

 

Gambar 2. Suasana sekretariat FDC saat pameran Foto

Para tamu undangan seperti instruktur, pembina, dan anggota luar biasa ikut meramaikan acara Hari Berlabuh. Tak jarang pula mahasiswa FPIK banyak yang antusias untuk sekedar melihat pameran foto, nonton bersama ataupun bersenang-senang di photobooth yang disediakan. Phoobooth yang disediakan memiliki beragam atribut yang menarik agar menambah kesan meriah dalam Hari Berlabuh, diantaranya kampanye “Save Sharks”, kartu ucapan “Happy Birthday FDC”, dan masih banyak lagi. Hasil photobooth para pengunjung bisa langsung ditampilkan di dua layar didepan sekretariat 1 agar bisa semakin eksis.

Kedatangan Instruktur

Gambar 3. Memperhatikan dengan seksama hasil jepretan anak FDC

Sekretariat 2 juga tidak mau kalah ramai dengan pengunjung. Sekretariat 2 dirancang sedemikian rupa agar menjadi tempat yang nyaman untuk acara nonton bersama. Ada 4 fim yang diputar yaitu Finding Atlantis, Monster Fish of The Congo, Earth Underwater, dan Coral Reef Adventure. Sambil menonton film yang diputar, penonton juga sambil makan snack yang tersedia agar acara menonton bersama semakin menyenangkan. Kuliah Ekosistem Terumbu Karang seperti kuliah karang, ikan terumbu, dan makrozoobenthos juga dilakukan di sekretariat 2. Kuliah tersebut dibawakan oleh mentor-mentor FDC kepada mahasiswa FPIK untuk sekedar berbagi pengetahuan mengenai ekosistem terumbu karang yang seharusnya wajib diketahui oleh mahasiswa FPIK.

Photobooth

Gambar 4. Foto bersama

Acara puncak Hari Berlabuh dilaksanakan hari Jumat pada malam hari. Instruktur, pembina, beberapa anggota luar biasa serta anggota biasa saling berdiskusi untuk kemajuan FDC  di masa yang akan datang. Bapak Uus Abdul Kudus selaku instruktur FDC dan Bapak Beginer Subhan selaku pembina FDC memberikan wejangan dan berbagi pengalaman yang sangat bermanfaat untuk anggota FDC. Tidak puas dengan hanya berbincang-bincang di dalam forum, pembicaraan pun dilanjutkan pada saat makan malam. Pada saat makan malam terasa keakraban-pun tumbuh karena makan bersama dalam satu daun pisang. Makan malam bersama sangat begitu nikmat walaupun menu yang tersedia sederhana dan hanya beralaskan daun pisang. Diskusi yang bermanfaat dengan instruktur, pembina, dan anggota luar biasa FDC sangat membuka pikiran anggota untuk terus memiliki loyalitas terhadap FDC yang telah menempa anggota nya agar menjadi lebih baik lagi. Maju terus FDC, sukses! Waspada dira anuraga! Sampai bertemu di acara Hari Berlabuh FDC yang berikutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *